Pameran ini adalah presentasi akhir dari Three Musketeers Project, sebuah program yang diinisiasi oleh Ace House Collective untuk mendorong perkembangan seniman muda melalui sistem edukasi informal. Selama rentang waktu Agustus hingga Oktober 2014; Aria Pradifta, Enka NKOMR, dan Unis Nurkhaerunnisa diajak untuk menggali dan memeriksa kembali proses kerja kekaryaan mereka serta mendapatkan pendampingan yang intensif dari tiga seniman Ace House. Program ini memfokuskan pada pentingnya produksi dalam praktik kekaryaan dengan penekanan pada proses serta upaya pendekatan eksplorasi dan eksperimentasi dalam kajian kritis seni rupa.

Aria Pradifta lahir di Semarang, 1992. Sedang menyelesaikan studi pada jurusan Disain Komunikasi Visual, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Karya-karya Aria lahir atas dasar ketertarikannya pada fenomena penggunaan media baru (digital imaging dan GIF-Graphics Interchange Format) sebagai bentuk artikulasi seorang seniman pada perkembangan seni rupa kontemporer. Tentu ini tak lepas dari perspektif tradisi disain yang melatarbelakanginya. Bagi kami, Aria menjadi representasi dari generasi seniman muda Indonesia yang mulai berani bereksperimen dan mengeksplorasi penggunaan medium yang non-konvensional pada ranah seni rupa.

Fasilitator: Uma Adikusuma, Hendra Hehe, Ahmad Oka

Enka NKOMR lahir di Klaten, 1993. Sedang menyelesaikan pendidikannya di jurusan Seni Grafis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Kekuatan karya Enka terletak pada penggunaan drawing pada kertas yang ditransformasikan dalam berbagai medium dan narasi imajinatif sebagai ide utama dalam berkarya. Ia kerap bermain-main dengan simbol yang satir dan ironis sekaligus mempermainkan samarnya batasan antara tabu dan norma dalam pandangan masyarakat. Ketertarikannya untuk mengolah identitas dirinya yang berlatar belakang tradisi Jawa nan agraris dan menyandingkannya dengan citra-citra budaya populer yang kontradiktif, menjadi karakter yang khas dalam karyanya.

Fasilitator: Uji ‘Hahan’ Handoko, Krisna Widiathama, Riono ‘Tatang’

Nur ‘Unis’ Khaerunnisa lahir di Bandung, 1991. Menyelesaikan studinya pada tahun 2013 di jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Dalam karyanya, Unis kerap menggunakan teknik kolase dengan mengaplikasikan sulam tangan dan kain pada bidang lukisan kanvas. Ia tertarik untuk meneliti keterlibatan mitos dalam narasi sejarah dan mengelevasi temuannya tersebut sebagai bentuk argumen antara memori personal dan produk budaya pada kota dimana ia tinggal.

Fasilitator: FA Indun, Sulung W, Iyok Prayogo

Share this:
FacebookTwitterWhatsAppLinePrint